Jumat, 22 Mei 2009

TIPS CERMAT MENGISI BENSIN DI POM

1. ISILAH BENSIN DI PAGI HARI, mengapa ???
Di pagi hari suhu masih dingin. Bensin di pom tersimpan di dalam tanah. Apabila semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin struktur atomnya menjadi padat,
sedangkan saat suhu mulai panas di siang hari, bensin akan cepat memuai.
Maka kalau mengisi bensin di sore atau malam (saat suhu didalam tanah masih panas), bensin akan cepat memuai, artinya volume yang terbaca oleh meteran pom akan menjadi lebih besar dari volume sebenernya.


2. PADA WAKTU MENGISI BENSIN, JANGAN MENGATUR BUKAAN NOZZLE jadi FAST MODE
Mostly karena di sana kita ngisi bensin sendiri alias self-service (di Indonesia belum ada). Kita coba meminta ke tukang ngisinya supaya setting ke slow mode (bisa nggak ya?).

The trigger punya 3 level : low, medium, high. Di slow mode, kita memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.

Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2 : jalan kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.

Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin gitu. Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap. Mungkin lho.


3. MENGISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH (Half-Full)*
Karena semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara yang ada di sana . Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara bensin dan udara di dalam tangki.(kalau orang dealer resmi akan menganjurkan bensin harus selalu penuh (full), dengan tujuan tangki tidak akan mudah karatan)
Di Pom bensin mereka punya internal floating roof, jadi mereka nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri secara rutin .


4. JANGAN MENGISI SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI)
Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.